3 Macam Jenis Video Game Elektronik

www.gamegratis.org – Apa itu Game? Kata “Game” diambil dari bahasa inggris, yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia maka akan memiliki arti sebagai “Permainan”. Permainan adalah suatu benda yang dapat dimainkan. Namun di zaman modern ini, jika Kita menyebut game, maka secara tidak langsung akan tertuju kepada game elektronik.

Apa itu game elektronik? Game elektronik adalah sebuah game yang berkerja pada sistem elektronik. Game elektronik bisa juga disebut sebagai Video Game.

Dalam zaman modern ini pastilah Kita tidak asing dengan istilah Video Game. Video Game sendiri telah mengalami perkembangan pesat seiring berjalannya waktu. Dalam perkembangannya, secara umumvideo game terbagi menjadi 3 Jenis, yaitu : Game Console, Game PC, Game Mobile. Lalu apa perbedaannya diantara ketiga jenis game elektronik tersebut?

video game elektronik

Macam Jenis Video Game Elektronik

1. Game Konsol

Game Konsol (Console Game) adalah sebuah mesin elektronik yang dibuat secara khusus hanya untuk memainkan video game. Game konsol mada umumnya menggunakan Monitor atau Televeisi sebagai gambar visual output, yang menampilkan grafik dari permainan itu sendiri. Lalu Game Konsol juga membutuhkan sebuah alat pengendali yang bernama controller, untuk mengontrol dan mengendalikan game ataupun karakter game. Beberapa Merk Game Konsol yang populer saat ini adalah : Nintendo, PlayStation, dan XBOX.

1.A. Play Station

PlayStation atau yang lebih populer disingkat dengan nama PS, adalah perangkat game konsol yang diciptakan oleh Perusahaan Sony Interactive Entertainment.
Sony adalah sebuah perusahaan group yang bisnisnya meliputi elektronik konsumen, game, hiburan, dan layanan keuangan, yang mendirikan kantor pusat di Minato, Tokyo, Jepang. Perusahaan Sony ini dibentuk oleh Masaru Ibuka dan Akio Morita pada tanggal 7 Mei 1946, yang mana awalnya menggunakan nama Tokyo Tsushin Kogyo KK (1946–1957, yang kemudian berganti nama menjadi Sony Corporation (1958–2021).
Untuk saat ini, Sony PlayStation adalah seri device console yang paling populer yang pernah diciptakan.
PlayStation generasi pertama dirilis pada tanggal 3 Desember 1994, yang ternyata mampu terjual lebih dari 100 juta unit sejak dirilisnya perangkat tersebut. Kemudian muncul PlayStation 2 (PS2) pada tahun 2000, dengan penjualan 155 juta unit. Kesuksesan tersebut membuat Sony terus merilis generasi terbaru dari PlayStation, seperti: PlayStation 3 (2006), PlayStation 4(2013), dan yang terbaru adalah PlayStation 5 (2020).

1.B. Nintendo

Nintendo adalah sebuah perusahaan video game dan konsumer elektronik yang memiliki kantor pusat di Kyoto, Jepang. Perusaan Nintendo ini didirikan oleh Fusajiro Yamauchi pada tanggal 23 September 1889.
Awalnya Nintendo hanyalah perusahaan yang memproduksi permainan kartu berjenis Hanafuda saja di periode 1889 sampai 1956. Namun dimulai pada tahun 1974, Nintendo mulai memproduksi video game pertama Mereka yang diberi nama “Color TV Game”. Mengikuti kesuksesannya, pada tahun 1985, Nintendo memproduksi NES (Nintendo Entertanment System) dan didalamnya terdapat bundling video game Super Mario Bros, menjadikan Nintendo mendapat kesuksesan besar secara global. Game buatan Nintendo yang terlaris dan terpopuler sepanjangan masa adalah waralaga game dari SuperMario, Pokemon, The Legends Of Zelda, dan Animal Crossing. Sedangkan Peralatan Konsol elektronik yang diproduksi Nintendo adalah Nintendo Entertainment System (NES), Super Nintendo Entertainment System (Super NES atau SNES), Nintendo 64, GameCube, Nintendo Wii, Nintendo Wii U, Nintendo Switch, Game Boy, Gamboy Advance, Nintendo 3D, Nintendo 3DS, Nintendo Switch Lite.

1. C. XBOX

XBOX ialah brand gaming dan sekaligus Merk dari Game Konsol yang dimiliki oleh perusahaan Microsoft. Microsoft ialah perusahaan MicroComputer Software yang membangun kantor pusatnya di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Pendiri dari Perusahaan Microsft adalah Bill Gates dan Paul Allen, pada tahun 4 April 1975. Microsoft memang terkenal dengan pembuatan Sistem operasi Windowsnya, namun ternyata juga membuat peralatan game konsol yang diberi nama XBOX. Seri Pertama dari Device Game Console Xbox ini dirilis oleh Microsoft pada tanggal 15 November 2001, yang mana diklaim merupakan Konsol generasi ke6, yang sengaja diciptakan untuk bersaing melawan Sony PlayStation 2 dan Nintendo GameCube pada saat itu.Untuk meramaikan dunia game konsol, Microsoft tetap melanjutkan seri XBOXnya, seperti: XBOX 360 yang dirilis tahun 2005, XBOX One yang diluncurkan tahun 2013, dan XBOX Series X dan Series S di tahun 2020. Dan pada Operating System Windows 10, sudah terintegrasi dengan aplikasi XBOX, dimana pengguna PC dapat memainkan game-game XBOX, dan tentu saja mendukung Controller dari XBOX secara langsung.

2. Game PC

PC atau kepanjangan dari Personal Computer, merupakan sebuah perangkat komputer yang memiliki beragam kemampuan yang berguna untuk mengoperasikan perhitungan dan mengelola data, yang mana juga berfungsi untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Sedangkan Game PC adalah sebuah game yang dirancang khusus supaya dapat dimainkan di pc, komputer, maupun laptop. Secara umu, menurut sistem operasi yang populer, game pc terbagi menjadi 3 bagian, yaitu: Game Windows, Game Linuc, dan Game MacOS/Apple.

2.1.  Game Windows

Game Windows adalah sebuah game yang dibuat secara khusus agar bisa berjalan di komputer atau laptop berbasis windows. Windows adalah operating system yang dibuat dan dikembangkan oleh Perusahaan Microsoft. Microsoft Windows pertama kali dirilis pada tanggal 20 November 1985, yang diberi nama sebagai Windows 1.0. Seiring berjalannya waktu, Microsoft merilis varian windows lain, seperti: Windows 7 (2009), windows 8 (2012), windows 10 (2015), dan windows 11 (2021).
Game yang dapat dijalankan di sistem operasi windows adalah game dengan file ekstensi .exe atau file ekstensi .msi, yang biasa dipakai untuk menginstal program di windows. Biasanya Windows telah menyediakan game default secara gratis seperti Game Solitair, FreeCell, dll. Namun pengguna bisa menginstal game windows lainnya di Microsoft Store yang telah disediakan. Atau pengguna bisa mengunjungi situs yang menyediakan game di internet. Game pada windows umunya terbagi menjadi 2 lisensie, Game Windows Freeware (Gratis) dan Game Windows ShareWare (Berbayar).

2.2 Game Linux

Game Linux merupakan sebuah game yang diciptakan secara spesial hanya bisa dijalankan di kompuler dan laptop beroperasi sistem Linux. Linux merupakan operating system open source (Sistem operasi dengan sumber terbuka). Sistem Operasi Linux pertama kali ditemukan oleh Linus Torvalds pada tanggal 17 September 1991.
Karena lisensinya sumber terbuka, akhirnya banyak varian Linux yang muncul, yaitu : Debian, Ubuntu, Fedora, SUSE Linux, Manjaro Linux, Linux Mint, dll.
Saat menginstall OS Linux di pc, pasti telah terinstall game default di Linux seperti : Mahjongg, Sudoku, Mines, Solitaire, dll. Namun Jika Kamu masih kurang, Kamu bisa download game lain untuk Linux, dengan menginstal game dengan file extensi .deb (Debian dan Ubuntu), lalu ada juga dengan file instalasi .Tar.GZ untuk Linux secara umum. Hampir semua game di linux itu berlisensi FreeWare yang artinya gratis dimainkan.

2.3 Game MacOS

Game MacOS ialah sebuah game yang dirancang secara istimewa agar hanya bisa di execute di perangkat buatan Apple seperti Komputer Macintosh ataupun laptop Macintosh. Setelah ditendang keluar oleh dewan direktur Apple pada tahun 1085, Steve Jobs membangun perusahaannya sendiri bernama NeXT dan mengembangkan Mac OS. Kemudian Apple membeli saham NeXT pada tahun 1996 dan berhasil membawa kembali Steve Jobs untuk mengembangkan Mac OS bersama dengan Apple.
Versi pertama dari Sistem Operasi buatan Apple ini dinamakan Mac OS X 10.0 yang dirilis pada tanggal 24 Maret 2001. Sampai saat ini Apple telah merilis MacOS 11 pada tanggal 12 November 2020.
Snake, Pong, Tetris, adalah game default dari Mac Os. Namun Kamu bisa mengistal game di Mac OS asalkan File Ekstensinya berupa .dmg, .pkg, ataupun .zip. Atau cara yang lebih mudah untuk mendapatkan game di Mac OS adalah dengan mengunjungi situs Mac App Store yang resmi dari Apple.

3. Game Mobile

Game Mobile adalah istilah yang merujuk kepada sebuah game yang dapat dimainkan di perangkat mobile atau perangkat portable, seperti contohnya : Featured Phone, Smart Phone, Tablet, dll. Ponsel atau telepon genggam ialah sebuah alat telekomunikasi elektronik yang mampu untuk menangkap jaringan sinyal, sehingga membuatnya dapat menerima dan mengirim SMS maupun panggilan telepon. Zaman modern ini telah berkembang istilah Smart Phone, yaitu versi telepon mobile yang lebih canggih dan lebih pintar karena memiliki banyak sekali fitur canggih.
Smartphone ini kemudian dibagi lagi menjadi 3 golongan menurut kepopulerannya, yaitu : Smartphone android, smartphone iOS, smartphone Kai OS. Banyaknya pengguna Device mobile, membuat para developer game menciptakan varian-varian game untuk mobile, Mereka adalah : Game Java, Game Symbian, Game Android, Game iOS.

3.1. Game Java

Game java adalah sebuah game yang diciptakan berdasarkan bahasa pemrograman java. Bahasa pemrograman java ini awalnya ditemukan oleh James Gosling yang pada saat itu masih beras di Perusahaan SUn Microsystems pada tahun awal 1990an.
Teknologi java inilah yang dipakai pada featured phone pada tahun akhir 1999an sampai awal tahun 2000an. Featured Phone pada saat itu mampu menjalankan permainan berbasis java. Developer Game java yang terkenal pada saat itu adalah Gameloft dan juga EA Games. Game Java memiliki ekstensi .jar yang hanya bisa diinstal pada featured phone yang mendukung aplikasi java. Namun game java pada saat ini sepertinya sudah tidak diproduksi kembali.

3.2 Game Symbian

Game Symbian merupakan game yang dibuat khusus hanya untuk ponsel pintar beroperasi Symbian. Symbian merupakan sistem operasi mobile yang sudah dihentikan, yang dikembangkan oleh perusahaan Symbian LTD. Symbian pertama kali diciptakan pada tahun 1998, namun telah dihentikan pada tahun 2013. Game maupun aplikasi berbasis symbian biasanya berekstensi .sis dan .sisx, yang mana hanya bisa dijalankan di ponsel cerdas berbasis symbian.

3.3 Game Android

Game Android ialah game yang bisa diinstal dan dimainkan di perangkat android, seperti halnya smartphone android maupun tablet android. Android ialah sistem operasi mobile yang dibuat berlandaskan os linux, untuk dipakai dalam device mobile yang mendukung layar sentuh. Awal mulanya android ini dibuat oleh perusahaan Android Inc, melihat peluang yang besar pada android, perusaan Google kemudian membeli Android di tahun 2005.
pada tahun 2008, munculah ponsel cerdas yang terintegrasi dengan android 1.0 (Android generasi pertama). Di tahun-tahun berikutnya, kepopuleran android semakin luas, dengan banyaknya perusaan teknologi komunikasi yang merilis smartphone berbasis android, sebut saja seperti: Samsung Galaxy, Sony Xperia, Oppo, Vivo, HTC, Huawei, Xiaomi, dan masih banyak lagi. Android adalah sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan pada saat ini. Karena alasan itulah ada banyak sekali game-game android yang beredar di pasaran. Pengguna perangkat Android bisa memperbarui konten pada perangkat Mereka dengan cara mengunduh dan menginstal aplikasi android maupun game android yang telah disediakan di Google PlayStore. Game-game Android yang populer untuk saat ini adalah Mobile Legends, Free Fire, PUBG, Pokemon Go, Clash Of Clans, Asphalt, Need For Speed, dll.

3.4 Game iOS

Game iOS yaitu sebuah game yang secara istimewa hanya dapat diinstal dan dimainkan di perangkat seluler dari Apple yang pada umumnya dikenal sebagai iPhone dan iPad.
iOS yaitu sistem operasi untuk mobile yang diciptakan dan dikelola oleh Perusahaan Apple Inc. iOS pada awalnya disebut sebagai iPhone OS, yang mana saat itu memang ditujukan hanya untuk smartphone iPhone.
Tahun 2005, Apple merencanakan tentang pembuatan OS untuk selular, yang diprakarsai oleh Steve Jobs dan Scott Forstall. Pada tahun tanggal 29 Juni 2007, Sistem Operasi iOS pertama kali dirilis ke punlik untuk iPhone generasi pertama.
Pada saat ini, Apple telah merilis iOS 15 pada tanggal 20 September 2021.
Kamu bisa mengintal game iOS asalkan file extensinya adalah .ipa, dan memainkannya di perangkat iPhone maupun iPad. Atau cara yang lebih masuk akal adalah dengan mengunjungi APP Store untuk mendapatkan aplikasi dan game yang secara resmi dikontrol oleh Apple.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *